Paugeran atau
aturan dalam penulisan tembang macapat menurut (Padmoesoekotjo, 1953: 19)
terbagi menjadi tiga yaitu guru gatra, guru wilangan dan guru lagu. Lihat tabel
di bawah ini!
No
|
Nama Tembang
|
Guru Gatra
|
Guru
Wilangan/ Guru Lagu
|
1
|
Maskumambang
|
4
|
12i, 6a, 8i, 8a
|
2
|
Pucung
|
4
|
12u, 6a, 8i, 12a
|
3
|
Gambuh
|
5
|
7u, 10u, 12i, 8u, 8o
|
4
|
Megatruh
|
5
|
12u, 8i, 8u, 8i, 8o
|
5
|
Mijil
|
6
|
10i, 6o, 10e, 10i, 6i, 6u
|
6
|
Kinanthi
|
6
|
8u, 8i, 8a, 8i, 8a, 8i
|
7
|
Durma
|
7
|
12a, 7i, 6a, 7a, 8i, 5a, 7i
|
8
|
Pangkur
|
7
|
8a, 11i, 8u, 7a, 12u, 8a, 8i
|
9
|
Asmaradhana
|
7
|
8i, 8a, 8e/8o, 8a, 7a, 8u, 8a
|
10
|
Sinom
|
9
|
8a, 8i, 8a, 8i, 7i, 8u, 7a, 8i,
12a
|
11
|
Dhandhanggula
|
10
|
10i, 10a, 8e, 7u, 9i, 7a, 6u,
8a, 12i, 7a |
Sumber:
Padmoesoekotjo. 1953. Ngrengrengan Kasusastran Djawa. Jogjakarta: Hien Hoo Sing.